Shipment part of

Ekspor : Part of shipment : Adalah kegiatan ekspor yang menggunakan cargo ‘part of’. Part of disini bermaksud bahwa dalam satu kontainer tersebut diisi oleh barang-barang ekspor yang berasal dari dua atau lebih eksportir / pengirim barang / penjual.
Hal ini terjadi karena pembeli / buyer / penerima barang adalah satu orang / satu penerima namun supplier/ pengirim barang tersebut lebih dari satu. Ambil contoh dari seorang buyer melakukan pembelian dari berbagai pengrajin/ eksportir di Yogyakarta, Jepara, Solo dan Bali. Maka akan terjadi dokumentasi ekspor oleh eksportir Yogya, Jepara, Solo dan Bali (4 buah dokumen ekspor). Namun dikarenakan pembeli / buyernya sama dari keempat eksportir tersebut maka para eksportir tersebut melakukan join kontainer/ ‘part of’ container. Sehingga dalam satu kontainer diisi produk dari Yogya, Jepara, Solo dan Bali. Dan dikirimkan bersamaan daam satu kontainer. Pembeli di luar negeri akan menerima kontainer dengan isi dari keempat supplier tersebut. Hal ini dipandang sangat lebih ekonomis dan simple daripada setiap supplier mengirimkan kontainer sendiri-sendiri.

Pemberitahuan Ekspor Barang yang disampaikan ke Bea dan Cukai diharuskan menggunakan PKBE (Pemberitahuan Konsolidasi Barang Ekspor) yang diuruskan oleh Jasa Pengurusan Kepabeanan yang ditunjuk. Peraturan akan hal ini disini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: