Respon Penolakan PIB impor

Berikut daftar respon reject (penolakan) dari PIB komunikasi :

Nomor pengajuan sudah dipakai
Respon reject ini terjadi karena pengguna jasa mengirimkan dokumen berulang kali. Terdapat dokumen yang terdahulu yang masih sedang dalam proses validasi namun dikirimkan dokumen baru, maka data yang terakhir dikirim akan mendapat respon reject.

Kode Pelabuhan tidak terdaftar
Respon reject terjadi karena terdapat kode pelabuhan yang tidak dikenal/tidak didalam dokumen. Lakukan perbaikan data dan kirimkan kembali dokumen pabean.

Host BL/AWB PIB tidak sesuai dgn data di BC.11
Terdapat perbedaan antara data host BL yang dicantumkan di dokumen PIB dengan data yang terdapat di manifes. Kesalahan terjadi pada penulisan Nomor BL / AWB atau tanggal BL / AWB atau nomor dan tanggal BL / AWB.
Contoh Respon reject sebagai berikut :
1.Host BL/AWB PIB tidak sesuai dgn data di BC.11
2.No BL/AWB di PIB=123/456/789
3.BC.11 di PIB=000123 Tgl=16-09-2008
4.Nomor Pos di PIB=0777 Sub Pos=xxx
5.Tgl Host BL/AWB di PIB=14-09-2008

SKEP Tidak Dikirim Sudah Lewat Waktu Tunggu Penyerahan SKEP 3 hari
Apabila proses dokumen melalui Analyzing Point (AP), maka dimungkinkan petugas AP untuk meminta dokumen pendukung dari pengguna jasa (pengajuan dokumen pendukung). Apabila dokumen pendukung tersebut tidak diserahkan terhitung 3 (tiga) hari dari dikeluarkannya permohonan untuk mengajukan dokumen pendukung maka dokumen akan otomatis di reject.

SeriBrg=xx HS=1234567890 terkena lartas Pelabuhan muat tidak sesuai
Terdapat perbedaan antara data yang dicantumkan di dokumen pabean dengan data yang dikirimkan oleh instansi penerbit perijinan. Perbedaan terdapat pada kode pelabuhan muat yang dicantumkan di dokumen PIB dengan kode pelabuhan muat yang dicantumkan di dalam dokumen perijinan. Pastikan pengisian kode sudah sesuai dan kirimkan kembali dokumen PIB yang sudah diperbaiki.

SeriBrg=xx HS=1234567890 terkena lartas, Item perijinan tidak sesuai
Terdapat perbedaan antara data yang dicantumkan di dokumen pabean dengan data yang dikirimkan oleh instansi penerbit perijinan. Perbedaan terdapat pada kode HS yang dicantumkan di dokumen PIB dengan kode HS yang dicantumkan di dalam dokumen perijinan. Pastikan pengisian kode sudah sesuai dan kirimkan kembali dokumen PIB yang sudah diperbaiki atau koordinasikan dengan instansi penerbit perijinan untuk perbaikan data perijinan yang dikirim ke portal INSW

SeriBrg=xx HS=1234567890 terkena lartas tidak ditemukan, pastikan pengisian dokumen perijinan di PIB benar atau hubungi
Terdapat perbedaan antara data yang dicantumkan di dokumen pabean dengan data yang dikirimkan oleh instansi penerbit perijinan. Perbedaan dapat berupa : kesalahan kode dokumen pendukung, kesalahan pengisian nomor perijinan, kesalahan pengisian tanggal perijinan. Kesalahan dapat berupa kesalahan pada saat pengisian dokumen pabean (lebih sering terjadi) atau dari instansi penerbit perijinan (jarang terjadi).
Contoh kesalahan pengisian :
Pada modul PIB dicantumkan nomor ijin 200910301K091000053 sementara nomor ijin yang disampaikan oleh instansi penerbit perijinan adalah 200910301K09I000053

SeriBrg=xx HS=1234567890 terkena lartas, Skep tidak berlaku
Perijinan yang dicantumkan sebagai dokumen pendukung sudah tidak berlaku lagi.

Nomor Agenda Registrasi anda tidak sesuai / kosong
Nomor agenda registrasi yang disampaikan berbeda dengan data yang terdapat pada sistem Bea dan Cukai. Solusi : pastikan pengisian nomor agenda registrasi sudah benar atau lakukan pengecekan dengan Bea dan Cukai.

Nomor BL / AWB sudah dipakai
Nomor BL / AWB yang disampaikan di dokumen pabean sudah pernah digunakan sebelumnya. Solusi : pastikan pengisian nomor dan tanggal BL / AWB sudah benar.

Data BC.11 Kosong, Tanggal BC.11 Kosong, Nomor Pos BC.11 Kosong, PIB ini tidak memiliki ijin fas. Prenotification
Kecuali untuk perusahaan yang memiliki ijin pre-notification, data BC 1.1 di dokumen PIB harus diisi. Solusi : isikan nomor dan tanggal BC 1.1 yang sesuai dan kirimkan ulang dokumen pabean.

Kesalahan kode HS, SeriBrg=xx HS=1234567890
Respon reject terjadi karena terdapat kode HS yang tidak dikenal/tidak didalam dokumen. Lakukan perbaikan data dan kirimkan kembali dokumen pabean.

Credit Advice ( SSPCP ) Tidak Ada, Sudah Lewat Waktu Tunggu (1 Hari)
Dokumen pabean yang dikirimkan tidak dapat direkonsiliasikan dengan dokumen pembayaran yang sesuai. Solusi : Apabila pembayaran sudah dilakukan cek apakah dokumen SSPCP sudah dikirimkan oleh bank. Apabila sudah dikirim, cek apakah nomor aju pada SSPCP sesuai dengan nomor aju dokumen PIB.

SeriBrg=xx HS=1234567890 terkena lartas, harap cantumkan ijin di PIB dari
Komoditas yang dicantumkan didalam dokumen pabean terkena peraturan tata niaga. Untuk itu harus dicantumkan perijinan yang sesuai di kolom dokumen pendukung. Solusi : cantumkan perijinan dari instansi penerbit perijinan dengan benar.

Blokir karena masih belum menyerahkan Berkas PIB terdahulu, Hubungi Seksi Distribusi Dokumen. NPWP = 023456781000
Terdapat kewajiban penyerahan dokumen pabean yang belum diselesaikan. Solusi : serahkan dokumen pabean ke Bea dan Cukai selanjutnya lanjutkan proses dokumen baru seperti biasa.

Salah Trf(SeriBrg=xx HS=1234567890 BM=5, Shrsnya=12)
Terdapat kesalahan dalam pencantuman tarif Bea Masuk. Solusi : perbaiki tarif dan perhitungan nilai pajak dan bea masuknya, lalu dokumen dapat dikirimkan kembali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: